Sabtu, 01 Oktober 2011

perisan tentang komunikasi yang baik

Tanggal 1 oktober 2011 seperti biasa yaitu diadakannya sabtuan di Stikom Surabaya. Pukul 06.00 saya berangkat dan dimulainnya PERISAN jam 06.30. Lalu kami melaksanakan apel pagi, setelah itu kami di bagi untuk menempati ruang mana yang akan kami tempati untuk mengikuti PERISAN. Akhirnya kami menempati ruang auditorium, tidak lama kemudian materi awal di isi dengan perisan tentang komunikasi yang baik. Yang mengisi materi tersebut adalah bu Yani, dan beliau juga mantan mahasiswa di Stikom Surabaya, lalu beliau melanjutkan kuliahnya di ITS. Materinya membahas tentang komunikasi yang baik. ada beberapa kasus gara-gara gagalnya komunikasi, contohnya - di PT.Semen Gresik yang mendapatkan kerugian mencapai 5 triliun karena miskomunikasi
                - di Timur Tengah kisruh karena komunikasi dengan rakyat putus
                - gara-garamiskomunikasi wartawan istana mogok ancam karir kabiro pers dan media RT                   Kepresidenan RI.
                - kisruh Jaksa Agung-DPR karena kegagalan komunikasi
komunikasi yang baik bisa membantu kita untuk lebih dekat dengan orang lain.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
komponen dalam komunikasi:
*ide/gagasan yang jelas
*komunikator
*penerima
*pesan yang jelas
*media yang tepat
*strategi yang sesuai
*memberikan prinsip yang seragam
*panca indra penerima yang baik

jenis komunikasi:
1. komunikasi perorangan
2. komunikasi kelompok
prinsip dasar komunikasi:
1. apapun yang dilakukan adalah komunikasi
2. cara kita memulai pembicaraan seringkali menentukan hasil komunikasi
tips/trik berkomunikasi yang baik:
1. tunjukan kalau anda punya empati
2. memperlakukan oranglain denga gentle dan lembut jangan kasar dan membentak
3. membantu orang jangan demi uang
4. hilangkan hambatan komunikasi apapun resikonya

itulah materi yang kami dapati tadi insya Allah bermanfaat bagi saya kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar