Rabu, 05 Oktober 2011

tugas_KSI02_indah widoreto purnomo_S1KA11

Nama              :           indah widoretno purnomo
Nim                 :           11410110014
Prodi               :           S1 Komputerisasi Akuntansi

PENGERTIAN CRM
CRM merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan. Pendekatan ini memungkinakn untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah terus menerus pada pelanggan, selain juga memperoleh keuntungan yang berkelanjutan.
MANFAAT CRM

1.      Mendorong loyalitas pelanggan
Aplikasi CRM memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan informasi dari semua titik kontak dengan pelanggan, baik melalui web, call center, atau melalui staf pemasaran dan pelayanan di lapangan. Dengan adanya konsistensi dan kemudahan dalam mengakses dan menerima informasi, maka bagian penualan dan pelayanan akan dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai informasi penting mengenai pelanggan tersebut.
2.      Mengurangi biaya
Dengan penerapan CRM, memungkinkan penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan memiliki skema pemasaran yang spesifik dan terfokus, serta dengan menargetkan pelayanan pada pelanggan yang tepat pada saat yang tepat. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan menjadi tergunakan secara maksimal dan tidak terbuang percuma yang berujung pada pengurangan biaya.
3.      Meningkatkan efisiensi operasional
Kemudahan proses penjualan dan layanan akan dapat mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.
4.      Peningkatan time to market
Penerapan CRM akan memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi mengenai pelanggan seperti data tren pembelian oleh pelanggan yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan suatu produk.
5.      Peningkatan pendapatan
Seperti yang telah disebutkan diatas, penerapan CRM yang tepat akan meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan peningkatan time to market yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan pendapatan perusahaan.

FUNGSI CRM
· Mendesain dan melaksanakan marketing campaign untuk mengoptimalkan eketifitas marketing
· Mendesain dan melaksanakan costumer campaign yang spesifik seperti cross selling, up-selling, dan retensi.
· Menilai respon kostumer terhadap produk dan level service, misalnya seperti kenaikan harga, new product development, dan lainnya
· Mengambil keputusan manajemen seperti forecasting financial dan costumer profitability analysis
· Prediksi terhadap level defect yang tak diinginkan kostumer (churn analysis)

PENGERTIAN ERP
ERP alias Enterprise Resources Planning atau Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang terintegrasi dan menyeluruh.
Secara arsitektural sistem, ERP dikembangkan berdasarkan modul-modul fungsional yang meliputi seluruh aspek sumber daya di dalam sebuah perusahaan/organisasi.
Secara historis, ERP berasal dari metamorfosis dari MRP (Manufacturing Resources Planning) yang diarahkan untuk kelompok usaha manufaktur.
Seiring dengan perkembangan teknologi, manajerial dan bisnis maka MRP pun berubah menjadi ERP. Istilah ERP sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Gartner Group.
MANFAAT  ERP
a. Integrasi data keuangan
Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
b. Standarisasi Proses Operasi
Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.
c. Standarisasi Data dan Informasi
Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda.
FUNGSI ERP
Secara teknis sebenarnya ERP berfungsi memadukan berbagai sistem informasi yang tersebar di masing-masing departemen (unit fungsional) di sebuah lembaga.
Dengan adanya sistem yang terpadu tersebut maka masing-masing unit fungsional dalam lembaga tersebut dapat saling berbagi data dan informasi yang pada akhirnya meningkatkan sinergi antar elemen di perusahaan yang menerapkannya.

PENGERTIAN SCM
Pengertian supply adalah sejumlah material yang disimpan dan dirawat menurut aturan tertentu dalam tempat persediaan agar selalu dalam keadaan siap pakai dan ditatausahakan dalam buku perusahaan. Pengertian supply chain adalah sebuah proses bisnis dan informasi yang berulang yang menyediakan produk atau layanan dari pemasok melalui proses pembuatan dan pendistribusian kepada konsumen. Indrajit dan Djokopranoto supply chain adalah suatu tempat sistem organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau penyalur barang tersebut
MANFAAT SCM
1.      Meningkatkan Jaringan Rantai Pasokan Anda
Rantai pasokan menyediakan software lengkap, visibilitas 360 derajat di seluruh jaringan rantai pasokan - sesuatu yang tidak dapat dengan mudah dicapai dengan proses terputus-putus manual.
2.      Penundaan Diperkecil
Rantai pasokan Banyak - terutama mereka yang belum ditingkatkan dengan aplikasi rantai suplai - terganggu oleh penundaan yang dapat mengakibatkan hubungan miskin dan bisnis yang hilang. Keterlambatan pengiriman dari vendor, turunnya lambat pada lini produksi, dan kesalahan logistik di saluran distribusi adalah masalah umum yang dapat berdampak negatif terhadap kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan pelanggan untuk produk-produknya.
3.      Enhanced Kolaborasi
Bayangkan memiliki kemampuan untuk tahu persis apa pemasok dan distributor lakukan setiap saat - dan sebaliknya.
4.      Mengurangi Biaya
Sebuah perangkat lunak rantai pasokan dapat membantu mengurangi biaya overhead dalam berbagai cara
FUNGSI SCM
- SCM secara fisik mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya ke pemakai akhir.
- SCM sebagai mediasi pasar, yakni memastikan bahwa apa yang disuplai oleh rantai supply mencerminkan aspirasi pelanggan atau pemakai akhir tersebut.

PENGERTIAN KM
Manajemen Pengetahuan adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisa, mengorganisir, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari MP adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.
MANFAAT KM
Untuk benar-benar memahami manfaat dari manajemen pengetahuan sangat penting untuk memahami apa yang manajemen pengetahuan. Istilah ini lebih dari sepuluh tahun, dan mengacu pada kemampuan untuk memahami dan mengelola pengetahuan dalam sebuah organisasi. Pengetahuan biasanya mengacu pada pengetahuan individu dan bahwa bersama oleh sebuah kelompok, dan manajemen pengetahuan adalah bagaimana informasi yang tiba di, berbagi dan dianalisis.

Membedakan antara data umum dan pengetahuan apa yang dianggap penting, juga. Data atau kumpulan data belum tentu informasi, tetapi dapat hanya angka acak atau ide. Ini mengambil data dan pemahaman tujuan dan tempat yang dapat diterapkan yang mengubahnya menjadi informasi, dan analisis bahwa informasi yang memungkinkan orang untuk melihat pola dan mana informasi yang paling baik diterapkan yang mengubahnya menjadi pengetahuan nyata. Wawasan yang diperoleh melalui informasi juga menjadi bagian dari pengetahuan itu.
FUNGSI KM
Perkembangan dewasa ini menunjukan pada makin cepatnya perubahan dalam segala bidang kehidupan, akibat dari globalisasi serta perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat berubah. Kondisi ini jelas telah mengakibatkan perlunya perusahaan membuat cara-cara baru dalam menghadapi pasar globalisasi yang terjadi agar dapat tetap survive.
Berdasarkan kondisi tersebut, peran Knowledge Management menjadi makin diperlukan, karena hanya dengan Knowledge Management semua perubahan yang terjadi dapat disikapi dengan tepat. Ketatnya kompetisi secara global khususnya dalam bidang ekonomi telah menjadikan perusahaan memikirkan kembali strategi pengelolaan usahanya dengan penguasaan Knowledge Management menjadi pilihan penting yang harus dilakukan dalam konteks tersebut
Knowledge Management itu sendiri merupakan pengelolaan pengetahuan perusahaan untuk menciptakan nilai dan menghasilkan keunggulan bersaing atau kinerja yang prima untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam kaitan manajemen modern. Knowledge Management itu sendiri penting karena implementasinya memberi manfaat pada bidang operasi dan pelayanan serta dapat meningkatkan pengembangan produk serta inovasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar